MultimediaNews

Humanis

Berikut Kisahnya, Polisi Bantu Persalinan Wanita Gangguan Jiwa di Pinggir Jalan

Multimedianews.polri.go.id – BLITAR. Senin (2/4/2018). Bhabinkamtibmas Desa Pandanarum, Polsek Lodoyo Timur, Blitar, Bripka Gaguk dan Bhabinkamtibmas Desa Bacem, Bripka Tri Suryoko membantu persalinan seorang wanita yang diduga menderita gangguan jiwa tergeletak dengan pakaian kumal dan lusuh di kawasan Hutan Kembangan, Kelurahan Kembangarum, Kecamatan Sutojayan, Minggu (1/4/2018)  dini hari.

Saat itu Bripka gaguk dan Bripka Tri Suryoko tengah berpatroli, kemudian mereka melihat ada perempuan tergeletak di pinggir jalan dan mengerang kesakitan. Setelah dicek, ternyata perempuan tersebut akan melahirkan.

“Saya cari bidan desa itu tidak ada, nunggu petugas Puskesmas juga tidak datang-datang. Berbekal pengalaman melihat istri saya melahirkan, dan nekat karena kondisinya mendesak. Saya bantu proses melahirkan dengan menggunakan alat seadanya. Saat itu kondisi ibu dan bayinya sudah lemas. Malah si bayi ini kepalanya sudah keluar tapi terlilit tali pusar,” jelas Bripka Gaguk.

Setelah bayi itu dilahirkan, Bripka Gaguk meminta gunting dan tali rafia untuk mengikat tali pusar si jabang bayi yang kemudian dibersihkan dengan kaos.

“Bayinya laki-laki, begitu keluar saya langsung adzani bayi tersebut dan kemudian segera kami bawa ke Puskesmas untuk mendapatkan perawatan,” imbuhnya.

Kedua Bhayangkara tersebut mengatakan jika yang telah mereka lakukan merupakan bagian dari tugas sebagai polisi untuk mengayomi dan melayani masyarakat. Selain itu, ia juga iba melihat seorang ibu melahirkan bayinya seorang diri.

“Bagi kami tugas melayani masyarakat merupakan suatu kewajiban. Terlebih jika ada yang membutuhkan bantuan,” ujar Bripka Gaguk.

(img/lm/rp)

   
MultimediaNews
Jalan Trunojoyo No. 3, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Indonesia.