MultimediaNews

Edukasi

Ini Loh Tahapan yang Harus Dilakukan Sebelum Menyampaikan Aspirasi

Multimedianews.polri.go.id - JAKARTA. Kamis (30/11/2017). Indonesia adalah negara demokrasi, dimana kekuasaan atau kedaulatan berada di tangan rakyat. Dengan bentuk pemerintahan yang seperti itu, Indonesia menjadi negara yang mengedepankan suara rakyat dalam sistem pemerintahannya. Oleh karena itu, pemerintah Indonesia memberikan hak kebebasan mengemukakan pendapat kepada rakyat.


Dalam realitanya, agar suara rakyat tersebut dapat didengar oleh pemerintah dan hal layak umum maka diadakanlah demonstrasi. Dimana demonstrasi itu sendiri dilakukan oleh sekelompok orang yang memiliki pendapat dan tujuan yang sama. 

Dengan kebebasan tersebut, sebagian rakyat melakukan demonstrasi  yang berujung anarkis, akibat ulah provokator yang membuat emosi rakyat. Alhasil, pendapat rakyat tidak tersampaikan dengan baik.

Oleh karena itu, berikut kami akan memberikan tata cara  berdemonstrasi agar berjalan dengan baik dan benar serta tidak berujung pada aksi anarkis. Sehingga generasi muda mampu menjadi penyalur suara rakyat tanpa menyebabkan dampak negatif, melainkan apresiasi pemerintah terhadap pendapat tersebut.

Adapun tata cara menyampaikan pendapat atau demonstrasi di muka umum adalah:
1. Wajib memberikan surat pemberitahuan unjuk rasa atau demonstrasi secara tertulis kepada Polri dengan memuat format, maksud dan tujuan, tempat, lokasi dan rute, waktu dan lamanya berdemonstrasi, penanggung jawab, nama dan alamat organisasi, alat peraga yang digunakan, dan jumlah peserta.
2. Penyampaian diberikan yang bersangkutan baik pemimpin, tau penanggung jawab kelompok.
3. Selambat-lambatnya 3x24 jam sebelum kegiatan di mulai telah diterima oleh Polri setempat.

Selain itu, aksi demonstrasi yang baik adalah dengan dilandaskan pada sikap yang  jauh dari permusuhan. Antara demonstran dan sasaran yang mengatasi demonstrasi. Melalui musyawarah yang dilandaskan pada sikap saling menghormati dan membuka jalan penyelesaian yang elegan (dan sejalan dengan tujuan konstitusi) terhadap aksi unjuk rasa atau demonstrasi.

(vi/lm/rp)
 

   
MultimediaNews
Jalan Trunojoyo No. 3, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Indonesia.