MultimediaNews

Edukasi

Risau Meninggalkan Rumah Saat Libur Panjang ? Jangan Khawatir Ini Dia Tipsnya

Multimedianews.polri.go.id - JAKARTA. Kamis (30/11/2017). Libur panjang akhir pekan merupakan hal yg ditunggu-tunggu banyak orang, banyak yg memanfaatkan libur panjang untuk berlibur ke luar kota, bahkan ke luar negeri. Tapi dihimbau untuk tetap waspada, hal tersebut dikarenakan liburan panjang juga dimanfaatkan oleh para pelaku kejahatan untuk melancarkan aksinya. Rumah yang ditinggal berlibur pemiliknya merupakan sasaran empuk bagi mereka.

Oleh karena itu, kami akan membagikan beberapa tips bisa anda lakukan untuk mengamankan  rumah Anda ketika ditinggal berlibur.

1.  Pastikan semua pintu rumah dan jendela sudah terkunci.

2. Bicara dengan tetangga yang tidak mudik atau RT/RW untuk menitipkan rumah Anda selama ditinggalkan pergi.

3. Jaga kunci rumah selalu ditangan Anda. Jangan titipkan kunci rumah kepada orang lain yang bukan keluarga.

4. Jauhkan barang-barang elektronik dari tempat yang mudah terlihat dan mencolok perhatian orang-orang. Gunakan tirai untuk menutupinya sehingga orang-orang luar yang tidak berkepentingan tidak bisa melihat.

5. Matikan semua alat kelistrikan dan cabut selang gas dari kompor untuk menghemat listrik dan mencegah adanya arus pendek yang bisa memicu kebakaran.

6.  Nyalakan lampu di beberapa bagian dalam rumah, seperti di kamar atau di ruang tamu, untuk memberi kesan kalau rumah tidak ditinggal dalam keadaan kosong.

7.  Jangan meninggalkan rumah dalam kondisi kotor dan berantakan, rapihkan semua ruangan rumah sebelum pergi.

8.  Jika mempunyai anggaran lebih, pasang alarm untuk mencegah masuknya penjahat ke rumah. Dan gunakan timer untuk lampu agar memberi kesan rumah seperti ada yang mematikan dan menyalakan lampu.

Dan terakhir tidak kalah pentingnya, senantiasa berdoa suapaya rumah dan semua asset yg Anda tinggalkan dapat perlindunganNya.

Usahakan untuk selalu menjaga keamanan rumah Anda, jangan berikan kesempatan pada para pelaku kejahatan.

(vi/lm/rp)

   
MultimediaNews
Jalan Trunojoyo No. 3, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Indonesia.