MultimediaNews

Edukasi

Waspada Risiko Demensia Bisa Disebabkan Karena Kekurangan Vitamin D

Multimedianews.polri.go.id – JAKARTA. Rabu (6/12/2017). Kekurangan vitamin D di dalam tubuh dapat mengakibatkan beberapa masalah kesehatan pada tubuh manusia, salah satu akibatnya adalah meningkatkan risiko demensia.

Vitamin D merupakan salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Vitamin D sendiri membantu menguatkan tulang, mengurangi risiko penyakit jantung, rematik, dan sklerosis ganda. 

Kekurangan vitamin D di dalam tubuh dapat mengakibatkan beberapa masalah kesehatan. Tak hanya itu, studi terbaru bahkan menemukan bahwa kekurangan vitamin D dapat meningkatkan risiko demensia.

Sinar matahari adalah salah satu sumber utama vitamin D. Jika terpapar sinar matahari secara teratur dapat membantu menurunkan risiko demensia. 

Diketahui jumlah kasus demensia terus meningkat di seluruh dunia. Pada tahun 2014 saja, sebuah studi mengklaim bahwa pasien yang kekurangan vitamin D secara substansial lebih berisiko mengembangkan kondisi tersebut.

Selama penelitian ditemukan bahwa orang dewasa yang kekurangan vitamin D dalam kadar sedang memiliki risiko 53 persen lebih tinggi menderita demensia. Sementara mereka yang kekurangan parah menjadi 122 persen lebih mungkin untuk terkena demensia.

Peneliti juga menemukan bahwa lebih dari 1.600 partisipan yang diamati selama enam tahun mengembangkan penyakit Alzheimer, serta bentuk demensia lainnya.

Salah satu peneliti studi Dr David Llewellyn mengatakan, uji klinis sekarang perlu dilakukan untuk menentukan apakah mengkonsumsi makanan seperti ikan berlemak atau suplemen vitamin D dapat menunda atau bahkan mencegah timbulnya penyakit Alzheimer dan Demensia.

(pr/lm/rp)

Sumber : nationalgeographic.co.id

   
MultimediaNews
Jalan Trunojoyo No. 3, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Indonesia.